Polisi Dilibatkan Tangani Kasus Pajak Grup Bakrie

BALIKPAPAN Kepolisian
Daerah Kalimantan Timur menyatakan sudah dilibatkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam pengusutan kasus dugaan rekayasa pajak yang dilakukan PT Kaltim Prima Coal (KPC), salah satu perusahaan Grup Bakrie.
“Sudah ada koordinasi dengan Direktorat Jenderal Pajak sehubungan masalah ini,” kata Direktur Reserse Kriminal Polda Kalimantan Timur Komisaris Besar Idris Kadir di Balikpapan kemarin. Polda, Idris menambahkan, sudah menerima surat koordinasi yang dikirimkan
Direktorat Jenderal Pajak.
Menurut Idris, Direktorat Jenderal Pajak mempunyai wewenang tersendiri dalam penyidikan penyelewengan pajak. Koordinasi pajak dengan polisi, kata dia, sebatas penerapan tindakan hukum sesuai dengan hasil penyidikan kasusnya. “Kami membantu untuk penegakan hukumnya,” kata dia.
Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan KPC bersama PT Bumi Resources Tbk dan PT Arutmin Indonesia diduga melakukan tindak pidana pajak dengan
total nilai kerugian negara sekitar Rp 2,1 triliun. Menurut pemeriksaan tim Pajak, ketiga perusahaan itu tidak melaporkan surat pemberitahuan tahunan pajak secara benar untuk tahun buku 2007. “Tekniknya bermacam-macam,” kata Tjiptardjo. “Intinya, tidak melaporkan penjualan yang sebenarnya.”
Tjiptardjo mengungkapkan, seorang petinggi Kaltim Prima Coal telah ditetapkan sebagai tersangka dan dikenai pencekalan akibat dugaan kasus pajak ini.
Juru bicara KPC, Hasrul
Sani, mengaku tidak tahu adanya informasi pencekalan terhadap petinggi KPC. Menurut dia, informasi ini malah didapat dari wartawan. “Maaf, saya no comment dulu, karena benar-benar tidak tahu masalahnya,” katanya kemarin.
Senior Vice President Investor Relations Bumi Resources Dileep Srivastava beberapa waktu lalu juga membantah adanya praktek penyimpangan pajak. “Kami tidak pernah mengabaikan kewajiban pajak,” ujarnya.

Sumber:
21 Dec 2009
• Headline
• Koran Tempo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: